Kamis, 23 November 2017

Pentingnya Peranan Humas dalam Laporan Tahunan

Related image

tugas biro konsultasi pr - Saat ini, laporan tahunan (annual report) bukanlah sekedar hanya salinan kemampuan sebuah perusahaan yang dihidangkan untuk internal perusahaan semata. Terutama mulai sejak digelarnya Annual Report Award (ARA), jadi arena yang mempunyai tujuan untuk ketahui kemampuan perusahaan selama setahun jalan. Laporan tahunan jadi sebuah instrumen penting untuk mencapai keyakinan umum dan partner bisnis untuk keberlangsungan bisnis sebuah perusahaan.

Tetapi yang perlu diingat, ARA bukan hanya arena pertandingan untuk mencapai sebuah penghargaan atau piala, hingga melupakan peranan basic laporan tahunan yang sebenarnya. Ada hal penting yang perlu dijaga dalam pengaturan laporan tahunan, yaitu segi komunikasi dan peranan public relation di dalamnya. Terlebih ARA sendiri digagas lebih pada untuk mendorong aplikasi prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG) manfaat memperoleh keyakinan umum dan partner bisnis.

Dalam membuat laporan tahunan, perusahaan janganlah hanya fokus pada penyampaian berbentuk data atau angka-angka semata. Namun harus juga dapat memberi beberapa inspirasi dan terobosan kreatif dari segi komunikasi, agar umum dan partner bisnis dapat lebih yakin juga akan masa depan perusahaan. Disinilah diperlukan peran humas atau public relation sebuah perusahaan.

Jadi, laporan tahunan bukanlah semata bagaimana menghadirkan kemampuan berbentuk angka-angka dan grafik. Namun yang terutama adalah bagaimana langkahnya agar laporan tahunan dapat jadi media komunikasi yang strategis jadi alat pemasaran yang efisien untuk perusahaan. Sebab banyak investor yang pelajari laporan tahunan perusahaan sebelumnya melakuan investasi pada suatu perusahaan.

Sayangnya, banyak pihak manajemen perusahaan yang berasumsi kalau laporan tahunan hanya jadi tanggung jawab dari divisi keuangan, pemasaran atau penelitian dan pengembangan. Karenanya, divisi humas atau public relation, harus dapat memberi pemahaman pada pihak manajemen kalau laporan tahunan dapat bicara lebih dari pada angka, grafik, kalimat dan gambar yang dipertunjukkan.

Laporan tahunan dapat juga berperan jadi alat untuk mengemukakan citra dan reputasi perusahaan. Di mana dalam laporannya, humas atau public relation dapat menerangkan bagaimana tata kelola sebuah perusahaan. Di mana dalam laporan tahunan itu dapat diterangkan bagaimana usaha perusahaan dalam melindungi hubungan dengan customer atau orang-orang biasanya. Dan bagaimana langkah atau kiat perusahaan dalam usaha melindungi hubungan dengan beberapa partner bisnis, agar jalan dengan serasi dan berkepanjangan. Di mana dalam penuturannya, tidak cuma tulisan indah berbentuk gambaran atau karangan. Tetapi humas atau public relation harus juga menerangkannya dengan data yang akurat dan angka-angka yang dapat dipertangungjawabkan untuk mencapai keyakinan umum dan partner bisnis.

Lihat juga : kelebihan dan kekurangan corporate pr

0 komentar:

Posting Komentar