Selasa, 21 November 2017

7 Strategi Pemasaran Startup Indonesia Yang Ampuh Datangkan Profit

Image result for Contoh Strategi Penjualan

konsultan pr jakarta - Saat bicara akan bisnis, terlebih bisnis startup Indonesia, segi promosi dapat mengangkat startup setinggi langit atau sebaliknya terkubur dalam bumi dengan semua kerumitan yang dihadapi sebuah rintisan bisnis. Meskipun startup dengan diawali kecil, sebuah bisnis startup tanpa ada kiat seperti lomba F1 tanpa ada arena balap, Kamu akan tidak sempat tahu kapan berhasil atau tidak berhasil apa yang salah mana yang baik.

Sebuah kiat pemasaran dengan umum tergantung pada beberapa segi seperti pasar, product Kamu dan jenis bisnis. Tetapi kecenderungan pada akhirnya senantiasa berbuntut pada uang. Kelihatannya tak ada yang juga akan menyanggah kalau kiat pemasaran startup Indonesia juga akan di pengaruhi ketersediaan uangnya.

Tidak diragukan sekali lagi kalau kiat pemasaran baiknya disediakan dengan khusus. Oleh karenanya, ada tiga nilai universal dalam setiap pemasaran bisnis diantaranya :

  • Siapa tujuan customer Kamu? 
  • Mengapa orang yang lain harus beli product Kamu? 
  • Apa yang membedakan bisnis Kamu dari kompetitor beda? 

Dengan tiga hal mendasar barusan Kamu dapat menterjemahkan sebuah kiat pemasaran startup Indonesia untuk tumbuh besar. Apa sajakah?

1. Fokus 

Pilihlah tujuan customer Kamu. Janganlah berusaha untuk memperoleh semua karenanya tunjukkan bisnis startup Kamu tidak memiliki arah yang pasti.

Awalilah dengan satu hal kecil, konsentrasi dan kembangkan lalu. Facebook diawali oleh sebagian orang mahasiswa kampus tetapi saksikan apa yang terjadi saat ini? Kita, rekan Kamu, orangtua bahkan juga sampai kakek dan nenek juga memiliki akun facebook. Ini adalah contoh riil juga akan konsentrasi bisnis startup yang benar.

2. Media Sosial 

Hubungan segera dengan customer yang ada atau bahkan juga prospek bisnis startup Kamu melalui sosial media merapakan cara yang bernilai untuk mulai langkah pemasaran product atau bisnis Kamu. Membuat brand melalui hubungan personal adalah sebuah praktek yang juga akan berguna dengan periode panjang.

3. Content Berkualitas 

Content informatif, menarik, dan berguna adalah fondasi pemasaran on-line dan pemasaran sosial media. Jawablah pertanyaan ini : “Apakah content Kamu layak untuk dibicarakan? ” Pengunjung perlu alasan untuk ingin lihat bisnis Kamu, dan content berkwalitas adalah alasan terbaiknya.

Promosi on-line masuk jadi kiat pemasaran startup Indonesia Kamu? Pastikan content promosi berkwalitas.

4. Perkuat Brand Bisnis 

Sebuah kiat pemasaran juga akan susah tumbuh besar tidak ada jati diri brand yang baik. Dalam soal startup, pemakaian SEO, sosial media dan content berkwalitas sangat baik untuk menguatkan brand bisnis.

Sebuah bisnis startup baiknya mengidentifikasi lebih dahulu siapa mereka sebelumnya menulis content apa pun di website promosi mereka karena telah sewajarnya brand bisnis juga akan memengaruhi cara komunikasi dan jenis bisnis Kamu.

Customer juga akan mengingat sebuah brand sama dengan mereka mengingat rekan, kerabat dan keluarga. Bila seorang tidak percaya siapa mereka, maka akan tidak ada yang mempedulikannya, dan orang itu juga akan kesusahan memperoleh rekan. Hal yang sama terjadi pada suatu brand bisnis yg tidak berkelanjutan.

Mari ingat sekali lagi hal penting internal apa sajakah yang menumbuhkan brand bisnis seperti product, visi, misi, maksud, tujuan customer, dan persepsi karyawan Kamu. Sedang hal eksternal adalah pendapat orang yang lain juga akan bisnis Kamu.

Sudah pasti Kamu dapat membayar untuk kampanye brand, tetapi dalam soal bisnis startup Indonesia biaya dapat jadi pertimbangan utama. Cara mudah menangani problem ini yaitu dengan memastikan pertanyaan penting apa yang Kamu ingin jawab dan lakukan survey simpel untuk memperolehnya.

Pertanyaan simpel itu seperti : Mengapa bisnis startup Kamu lahir?, Apa yang dilakukan bisnis startup Kamu, Siapa customer Kamu? Siapa kompetitor utama Kamu? Apa product Kamu? Problem utama apa yang dikerjakan product Kamu? Apa perkiraan Kamu atas bisnis startup Kamu 5 th. kedepan? Bagaimana Kamu menerangkan budaya kerja bisnis startup Kamu?

Pertanyaan di atas dapat digerakkan bila bisnis startup Kamu belum juga memiliki satu orang customer meskipun.

Lihat juga : konsultan public relations

Saat survey simpel digerakkan, Kamu dapat lihat bagaimana Kamu ingin terlihat dimuka umum. Kamu telah semestinya dapat mengarah segmen pasar bisnis startup Kamu dari pendekatan ini dan buat sebuah profil customer yang juga akan menolong Kamu kirim pesan marketing yang sesuai segmen pasar.

5. Mulai Dari Dasar 

Saat Kamu hanya coba meluncurkan bisnis startup, baiknya Kamu janganlah segera menguber inspirasi besar. Awalilah dengan kekhasan nilai jual bisnis startup Kamu. Fokuslah pada karakter unik product bisnis startup Kamu dibanding kompetitor yang lain.

Di step awal, sangat direferensikan agar Kamu konsentrasi pada grup tertentu atas segmen pasar dari mulai komentar, input, dan keinginan. Perhatikan dan analisis tingkah laku customer Kamu. Setelah itu akan tidak jadi problem besar untuk temukan jalur pendekatan pada customer mungkin bisnis startup Kamu. Buat semua sesederhana mungkin.

6. Rencana Biaya yang Efektif 

Ingat-ingatlah kalau modal bisnis startup juga akan habis sebelumnya Kamu sadari bila Kamu tidak berencana biaya bisnis startup dengan baik. Tidak jadi problem cara Kamu mendekati customer tetapi coba untuk memakai biaya dengan efisien. Janganlah memakai perkiraan. Bila Kamu dapat ketahui berapakah biaya dengan tentu yang perlu di keluarkan maka pastikanlah. Ini adalah cara paling baik untuk efisiensi biaya dan usaha mencegah atas ancaman yang mungkin menimpa bisnis startup Kamu di masa yang akan datang. 

7. Inbound Marketing 

Langkah tersebut penting bila Kamu ingin memperoleh customer berkwalitas. Mau tahu cara mengawalinya? Perkenalkan diri Kamu jadi seseorang pakar dengan menulis beragam hal sesuai bagian bisnis Kamu melalui situs (blog). Kamu dapat juga jadi penulis tamu atau buat content dalam beragam bentuk untuk diberikan kebanyak pihak.

0 komentar:

Posting Komentar